Sudah saatnya Pendidikan di Tanö Niha harus sangat di prioritaskan kalau kita tidak mau masyarakat Nias tidak berlarut-larut dalam kemiskinan dan kebodohan. Hingga saat ini fasilitas pendidikan yang diperoleh masyarakat pulau Nias hingga saat ini, masih sangat tidak memadai…!!. Meskipun banyak potensi daerah yang sebenarnya bisa memberi kontribusi bagi kesejahteraan rakyat , namun tidak bisa dimaksimalkan karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM).

Pendidikan harus dikedepankan dibumi Tanö Niha….

Pemerintah harus juga konsisten menerapkan wajib belajar sembilan tahun. Konsisten dimaksud dengan adanya implemetasi nyata wajib belajar itu.

Yang terjadi saat ini, banyak anak Nias yang tidak bersekolah. Ada dua faktor yang menyebabkan hal itu, faktor ketidakmampuan secara ekonomi dan faktor ketidak mampuan anak itu sendiri. Barangkali itu tidak menjadi masalah, yang sulit dituntaskan jika pemerintah pusat maupun daerah setempat tidak konsisten menerapkan wajib belajar sambilan tahun itu.

Selain itu yang menjengkelkan lagi Anak – anak di Nias selain tidak ingin bersekolah atau yang putus sekolah yang memilih untuk menikah, bekerja seadanya dan bahkan hanya untuk pengangguran.

Hendaknya Pemerintah lebih peka lagi akan kejadian ini, jangan hanya menunggu peranan lembaga donor atau bantuan Negara lain.

Akibat dari semua ini adalah menjadi sangat minimnya kualitas SDM di Nias sehingga sangat berpengaruh lambannya pertumbuhan Nias di segala bidang

Bersama ini juga mari kita masyarakat Nias terlebih-lebih teman-teman yang ada di perantauan mari kita bekerjasama memberikan apa yang bisa diberikan dan mengontrol jalannya proses pendidikan. “Harusnya ini sudah menjadi tekad bulat kita sebagai Ono Niha Sebab siapa lagi yang peduli terhadap masyarakat Nias jika tidak dipelopori putranya sendiri,”

Salam

Sumardin Mendrofa