Berikut adalah Foto Bangunan Awal :

Saat masih dalam proses pembangungan…

________________________________________________________________________________________

Bak Penampungan Air Hujan

Dalam mengelola Peternakan Babi, air merupakan kebutuhan yang sangat vital, baik untuk minum dan terlebih untuk membersihkan ternak setiap pagi dan sore hari setiap harinya, namun di Lokasi ini sangat kesulitan mata air karena kondisi tanah merupakan bebatuan yang sulit untuk di Bor, sebagai alternatif sumber air maka  maka didalam areal Peternakan dibangun sebuah Penampungan Air Hujan dengan Kapasitas -/+ 54 Meter Kubik.

Foto Pembuatan Bak Penampungan Air Hujan :

—————————————————————————————————————-

Batako Cetak Sendiri

Pembuatan Kandang untuk Peternakan Babi ini memang  awalnya sangat membutuhkan biaya yang cukup tinggi, dimana bahan bangunan di Nias sangat jauh perbandingan harganya bila kita bandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia, makanya pembuatan Batako untuk dinding bangunan di cetak sendiri dan kualitas Batakonya lebih terjamin  dibanding yang kita beli diluar.

————————————————————————————————————-

Bibit Ternak sudah mulai masuk

Setelah selesai sebagian Bangunan Kandang sekitar 2 bulan sejak peletakan batu pertama, dengan kondisi bangunan yang belum sempurna, bibit-bibit ternak sudah mulai masuk kandang, adapun bibit-bibit ini selain kita beli di dalam daerah Nias sebagian juga kita datangkan dari luar kota yakni di Pematang Siantar. Adapun semua bibit ternak tersebut adalah bibit dari induk pilihan yang bagus dan layak untuk dikembangbiakkan.

Situasi saat ternak yang bergiliran minum air dari dot yang telah disediakan di masing-masing kandang :

Biasanya ternak sehabis diberi pakan langsung istirahat :

Kebersihan Kandang Harus Terjaga

Untuk menjaga kebersihan kandang dan juga untuk menjaga pertumbuhan Ternak dengan baik maka kebersihan kandang harus diperhatikan dengan baik, oleh karena itu karyawan harus membersihkan dan memandikan Ternak minimal 2 (dua) kali sehari yakni dilakukan sebelum diberi pakan terhadap ternak.

Kandang Khusus Induk

Dan untuk Proses mengembangbiakkan ternak maka dibangunlah kandang khusus induk, dimana kandang khusus ini terlihat sedang dlm proses pembangunan saat ini :

Induk Babi yang sudah berhasil dikawinkan ditempatkan di kandang besi:

Pagar Areal Peternakan

Situasi Area Peternakan sebenarnya cukup aman dan kondusif namun untuk menghidari dari hal-hal yang tidak diinginkan maka lokasi Peternakan sekelilingnya diberi pagar dengan Batako, seperti terlihat pada gambar berikut :

Demikianlah sekilas tentang Usaha Peternakan ini, semoga tiada hambatan yang kami alami dalam kelanjutan usaha ini. Bersama ini juga kami mohon masukan atau saran dari teman-teman dimanapun berada agar kami lebih maksimal lagi dalam mengelola usaha ini.

Terima kasih

Ya’ahowu